Tips Memilih sekolah yang Ideal bagi Anak

Sekolah merupakan tempat yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam tumbuh kembang anak. Interaksi sosial, perkembangan mental, hingga penyerapan ilmu terhadap mata pelajaran terjadi di lingkungan sekolah. Sekolah ideal menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan oleh setiap orang tua, berikut cara sekolah yang seru dan efektif

Sekolah ideal biasanya diisi dengan beberapa predikat yang cukup biasa terdengar di masyarakat, seperti sekolah favorit, sekolah akreditasi A, sekolah model dan lain sebagainya. Setiap daerah memiliki beberapa sekolah favorit sendiri, sering diberikan sebutan seperti sekolah favorit Jakarta, sekolah favorit Lampung atau sekolah favorit di Kalimantan Timur. Berikut beberapa tips memilih sekolah yang ideal bagi anak untuk menemukan cara sekolah yang seru dan efektif :

  1. Berikan kesempatan pada anak untuk andil memilih

Sekolah merupakan lingkungan yang sangat riskan, terutama karena sebagian besar hari anak anda akan dihabiskan di lingkungan ini. Mulai dari proses belajar, bermain, hinga bersosialisasi. Jadi akan sangat penting bagi anda untuk dapat memilih sekolah yang ideal dan sesuai dengan kenyamanan individu anak anda. Melibatkan anak dalam memilih sekolah memberikan kesempatan kepada anak untuk mengetahui lingkungan seperti apa yang nyaman bagi proses belajar dan sosialnya. Jadi libatkanlah anak dalam memilih, dan berikan kesempatan lingkungan seperti apa yang mungkin akan nyaman baginya.

  1. Pilih sekolah yang memiliki program terukur dan realistis

Visi misi dan program sekolah yang ideal pastinya harus memiliki dasar yang bagus. Sebagai orang tua anda berkewajiban mengarahkan anak kepada sekolah yang telah baik secara program agar mendapatkan fasilitas pendidikan sekolah ideal, proses belajar dapat berjalan dengan baik. Aspek, nilai, karakter akademis, bahkan keagamaan dijalankan dalam visi misi sekolah yang baik. Sekolah favorit pasti memiliki aspek ini. 

  1. Kurikulum

Melihat sistem pendidikan sekolah, berarti kita berbicara soal kurikulum, dimana ini merupakan standar mutu pendidikan nasional. Sekolah ideal, dengan proses pembelajaran yang baik biasanya mengikuti updating kurikulum sesuai keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Sekolah negeri ataupun swasta terakreditasi A paling minimal akan mengikuti standar kurikulum terbaru contohnya K13 Revisi. Atau sekolah swasta favorite juga sering menggunakan kurikulum internasional yaitu Cambridge. Salah satu sekolah favorite di Kalimantan Timur misalnya, SMAN 1 Balikpapan telah menggunakan standarisasi kurikulum pemerintah terbaru yaitu K13 Revisi.

  1. Lokasi

Penting sekali untuk memperhatikan dimana letak lokasi proses belajar

 untuk anak anda. Ditambah lagi sistem penerimaan peserta didik baru yang mungkin memiliki peraturan seperti sistem zonasi, anda harus benar-benar memperhatikan dan melakukan research terkait sekolah terbaik mana yang ada di wilayah domisili anda dan bagaimana letak lingkungan sekolah tersebut.

Itulah beberapa tips cara sekolah yang seru dan efektif bagi anda untuk memilih sekolah yang ideal bagi anak anda, banyak sekali pilihan sekolah favorit di Kalimantan Timur, Jawa Tengah hingga ke ujung Timur Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *