Pemanfaatan Survey Geofisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Survey Geofisika sebenarnya mempunyai banyak sekali manfaat dan membantu banyak pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun begitu proses pelaksanaan survey harus dilakukan oleh seorang profesional di bidangnya yang memiliki sertifikat dalam pelaksanaan survey dan pengoperasian berbagai alatnya.

Beberapa survey dilakukan untuk melakukan pembangunan atau berbagai hal lain yang berhubungan dengan keamanan dan pencarian. Selain itu proses pelaksanaan survey pada geofisika bisa dilakukan secara khusus dan wajib dilakukan atau secara umum dilakukan hanya sebagai tindakan optional untuk menambah referensi dalam suatu hal.

Pemanfaatan Survey Geofisika

Dalam pelaksanaan atau tujuan diadakannya survey yang berfokus pada geofisika biasanya dilakukan dengan berbagai macam tujuan. Bisa memang dilakukan karena mempunyai tujuan khusus atau karena berbagai macam hal lain yang banyak dibutuhkan oleh aktivitas yang berkaitan dengan geofisika.

Geofisika sendiri merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan eksplorasi mineral seperti minyak bumi atau pemecahan berbagai jenis masalah yang berkaitan dengan kedalaman dan memiliki efek signifikan pada kehidupan baik pekerjaan maupun aktivitas manusia. Beberapa masalah yang biasanya membutuhkan survey dalam memulai pekerjaan atau mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses suatu pekerjaan seperti diantaranya berikut ini.

  1. Infrastruktur

Dalam pembangunan jalan atau jembatan yang merupakan infrastruktur pastinya dibutuhkan banyak persiapan matang. Salah satunya adalah pelaksanaan survey pada kondisi geofisika yang nantinya bisa diambil dan dikumpulkan data-data untuk membuat tatanan infrastruktur yang tepat dan sesuai sasaran.

  1. Air Tanah

Pelaksanaan survey pada kondisi geofisika juga bisa memberikan kemudahan dalam mencari atau melakukan eksplorasi pada air tanah. Kemudian nantinya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan mata air atau pemetaan kontaminasi.

  1. Geohazards

Geoharazards merupakan sebuah istilah yang ringkasnya memiliki arti yaitu mitigasi gempa, dimana data-data yang akurat dibutuhkan untuk memberikan persentase kemungkinan terjadinya potensi runtuh atau kekuatan struktur tanah. Hal tersebut pastinya banyak digunakan untuk membangun bangunan yang kokoh diatas tanah yang tepat dan terhindar dari kerusakan karena gempa.

  1. Perkotaan

Dalam membuat penataan kota juga dibutuhkan data-data dari survey kondisi geofisika terlebih dahulu, karena dalam penataan kota diperlukan persiapan yang efektif dan efisien. Misalnya untuk penyimpanan lokasi tangki penyimpanan bawah tanah atau pemetaan utilitas dan lain sebagainya.

  1. Arkeologi

Dalam arkeologi proses pelaksanaan survey pada geofisika dibutuhkan untuk menemukan atau mengeksplorasi harta karun atau peninggalan sejarah yang  terkubur didalam tanah. Biasanya para arkeolog sering menggunakan survey pada geofisika untuk mencari peninggalan kuno dan berbagai artefak lain.

  1. Forensik

Dalam segi forensik biasanya proses survey pada geofisika dilakukan untuk mencari kuburan ilegal atau berbagai jenis masalah lain. Walaupun begitu dalam proses eksplorasinya masih dibutuhkan target atau sasaran area agar mempermudah dan mempercepat proses penemuan.

Pemanfaatan survey geofisika diatas merupakan beberapa manfaat dari pelaksanaan survey yang sering terjadi dan dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun dalam pelaksanaanya survey dilakukan hanya untuk proyek besar yang merasa membutuhkan survey agar mempunyai data akurat terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *