Kelebihan Masa Tenor Panjang Jenis KPR Rumah

Banyak orang yang ingin memiliki rumah idaman namun terkendala masalah biaya, namun berkat adanya program KPR orang-orang mulai berani mengambil langkah untuk bergabung dalam program KPR, setelah mengetahui jenis kpr rumah Anda bisa mulai menentukan jenis mana yang akan dipilih, tentunya dari setiap jenis KPR memiliki persyaratan dan keuntungan masing-masing.

Persyaratan Pengajuan KPR

Tentu saja sebelum memiliki hunian idaman lewat program KPR Anda perlu memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi, pihak pemohon harus mengisi form pemesanan unit dari developer serta memenuhi pembayaran uang muka, selain itu Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen penting syarat kpr rumah subsidi diantaranya seperti berikut.

  • WNI
  • Minimal berusia 21 tahun
  • Pegawai tetap yang dibuktikan dengan surat keterangan kerja
  • Tidak boleh berusia lebih dari 50 tahun
  • Fotokopi KTP dari pihak pemohon
  • KK
  • Slip gaji
  • NPWP
  • SPT PPh Pribadi
  • Buku tabungan 
  • Rekening koran
  • Dan dokumen lain yang dibutuhkan bank

Apabila membeli dari pihak developer biasanya perlu menyertakan salinan sertifikat induk atau pecahan, jadi dokumen persyaratan mengenai pengajuan KPR ini menyesuaikan permintaan dari pihak terkait, oleh karena itu ada baiknya Anda menyiapkan dokumen-dokumen tersebut jauh-jauh hari sebelum datang ke pihak terkait agar menghemat waktu.

Jadi sudahkan Anda menentukan jenis KPR rumah yang sesuai dengan kondisi finansial? Menetapkan jenis KPR akan membantu Anda dalam mengambil masa tenor KPR, bagi yang berencana mengambil masa tenor panjang ada keuntungan yang nantinya bisa Anda rasakan.

Leluasa Mengatur Keuangan

Tidak sedikit yang memilih masa tenor panjang karena bisa mengurangi besaran cicilan per bulannya, hal ini cocok bagi para pekerja yang memiliki pola penghasilan bulanan, meskipun penghasilan tidak terlalu besar namun dengan memilih KPR masa tenor minimal 15 tahun para pekerja dapat lebih leluasa mengatur sistem keuangannya, hanya saja bagi Anda yang mungkin memilih masa tenor panjang ini harus disiplin membayar cicilan KPR.

Cicilan Lebih Ringan

Keuntungan yang bisa dirasakan dengan memilih tenor panjang adalah besaran cicilan yang cenderung lebih ringan, program tenor panjang sebenarnya merupakan salah satu strategi dari bank untuk bisa menggaet konsumen yang memiliki penghasilan rata-rata tapi ingin menikmati KPR, padahal masa tenor yang panjang memiliki resiko lebih besar terjadinya kredit macet jika dibandingkan dengan tenor pendek.

Meskipun akan mendapat keuntungan namun tetap saja ada juga kelemahan yang bisa didapatkan, seperti salah satunya adalah Anda akan menanggung beban psikologis, diperlukan kesiapan mental dan fisik karena biasanya orang yang memiliki hutang cenderung ingin segera melunasinya karena cukup memberatkan kondisi keuangan keluarga, jadi alangkah baiknya Anda merencanakan keuangan yang baik agar tidak menjadikan hutang jenis kpr rumah sebagai beban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *