Cara Memakai Alat Tes Kesuburan Bagi Pria

Cara memakai alat tes kesuburan ternyata tidak hanya identik dengan wanita saja namun juga bisa dilakukan oleh pria. Seiring dengan perkembangan zaman banyak alat dan prosedur yang bisa ditempuh oleh pria untuk mengecek kesuburannya. Karena memang terjadinya kehamilan bukanlah tanggung jawab istri saja yang tidak subur atau subur. Kesuburan pria juga sangat berpengaruh pada keberhasilan proses kehamilan.

Cara mengecek kesuburan pada pria adalah dengan melalui prosedur yang dinamakan cek sperma. Dalam prosedur ini pria akan di cek kondisi spermanya dan mengukur tingkat kesehatannya. Bagaimana sih cara cek sperma yang normal itu dan bagaimana prosedur tersebut dijalankan berikut ini adalah ulasannya. 

Ciri-Ciri Sperma yang Normal dan Sehat 

Sperma berukuran sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kamu hanya bisa melihat seluruh bagiannya dengan menggunakan alat mikroskop. Sperma yang normal sendiri memiliki dua bagian yaitu kepala dan ekor. Kenapa biasanya berukuran dari 4-5.5 mikrometer. Sedangkan ekornya berukuran dari 1-2 mikrometer. 

Jika dari keseluruhan sperma yang dihasilkan ada 40 persen sperma yang bisa menunjukan gerakan seperti sperma normal. Gerakan tersebut seperti bergerak bebas, berenang dan melakukan gerakan maju, mundur, dan berputar-putar. Jika 40 persennya menunjukan ciri tersebut bisa dikatakan bahwa pria tersebut termasuk pria yang berada dalam masa kesuburan. 

Prosedur Cek  Sperma Bagi Pria

Cara memakai alat tes kesuburan bagi pria harus dilakukan oleh dokter dan tenaga ahli yang profesional. Sampai saat ini tidak ada alat portabel yang bisa digunakan oleh pria sendiri di rumah. Untuk melakukan tes cek sperma ini, pria juga harus melakukan berbagai persiapan. Seperti tidak boleh melakukan aktivitas seksual setidaknya 48 jam sebelum tes. 

Hasil paling akurat baru keluar setelah dua kali pengujian dengan jarak dari pengujian pertama ke pengujan kedua adalah 7 hari. Satu kali pengujian tidak cukup untuk menentukan hasilnya akurat atau tidak. Jika volume sperma dan pH sperma normal bisa menunjukan kondisi sperma yang sehat. 

Namun jika pH terlalu basah atau terlalu asam bisa saja mengindikasikan adanya infeksi atau ketidak normalan. Hal ini hanya bisa dibicarakan dengan dokter yang profesional di bidangnya. Cara memakai alat tes kesuburan pada pria yang berupa cek sperma ini. Bisa dikatakan merupakan cara tes pada pria yang paling akurat saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *