Ingin Bisnis Lebih Lancar dan Efektif? Kenali API Whatsapp Business Lebih Jauh

Menjalankan sebuah usaha atau bisnis saat ini semakin dipermudah dengan adanya berbagai macam teknologi yang maju. Jarak yang jauh, perbedaan zona waktu, perbedaan teritori, batas antar negara, waktu yang berbeda kini bukan lagi masalah dalam menjalankan sebuah bisnis.

Salah satu bentuk majunya teknologi adalah dengan hadirnya media komunikasi yang canggih dan lancar yang bisa digunakan oleh para pebisnis untuk terhubung dengan calon klien mereka dengan media api whatsapp business.

Media komunikasi tersebut merupakan salah satu fitur yang diciptakan oleh pengembang whatsapp, yaitu Meta atau yang sebelumnya dikenal sebagai perusahaan bernama Facebook. Fitur tersebut sangat berguna bagi para pebisnis dalam membangun relasi yang tepat dan efisien dengan para pelanggannya. Relasi yang tepat dan efisien akan membuat pelanggan merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pelanggan yang puas merupakan salah satu syarat berhasilnya sebuah bisnis.

Pengertian Api whatsapp business

Merupakan sebuah fitur khusus yang didesain untuk para pebisnis menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah dan lancar. API merupakan kependekan dari Application Programming Interface yang membuat developer mampu mengintegrasikan aplikasi whatsapp dengan aplikasi lainnya secara bersamaan.

Perbedaan antara API Whatsapp Business dengan Whatsapp business

Sebagian besar anda pasti pernah mengira jika whatsapp business itu sama dengan api whatsapp business, padahal sebenarnya berbeda. api whatsapp business lebih advance dan banyak kelebihannya dibanding whatsapp business, seperti mampu mengintegrasikan fitur di sistem yang sudah ada dalam bisnis seperti Customer Service (CS) dan juga Customer Relationship Management atau CRM.

Sedangkan jika whatsapp business itu tidak mampu untuk melakukan modifikasi atau mengintegrasikan berbagai fitur canggih yang menunjang bisnis dalam waktu yang bersamaan.

Fitur-Fitur yang Ada Di API Whatsapp business

Terdapat beberapa fitur canggih yang bisa anda gunakan untuk semakin memudahkan anda menjalankan sebuah bisnis, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Fitur Multi User

Saat menjalankan sebuah bisnis, pastinya bakal ada beberapa customer service yang melayani, terlebih jika layanan yang disediakan oleh bisnis anda ada banyak. Dengan menggunakan API maka satu nomor bisnis anda bisa dijalankan dan diakses oleh beberapa orang admin sekaligus melalui berbagai macam perangkat. 

  1. Integrasi Chatbot

Fitur lainnya yang sangat membantu adalah adanya fitur chatbot yang bisa mengirim pesan chat otomatis ke klien. 

  1. Fitur otomatisasi

Fitur ini berkaitan dengan menyimpan seluruh database bisnis anda dalam satu tempat sehingga mudah diakses oleh tim anda jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam melayani klien

  1. Integrasi langsung dengan CRM

Fitur ini akan membantu bisnis anda semakin mengenali pelanggan anda sehingga mereka merasa diperlakukan secara spesial dan personal yang menjurus pada loyalitas brand anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *