Mengenal E-Commerce Visual Merchandising Dan Cara Penerapannya Pada E-Commerce

Di era modern saat ini, setiap toko offline pasti memiliki toko online yang menunjang promosi serta sebagai satu media yang dapat memperluas jangkauan pasar toko mereka. Dalam penyusunan tampilan visual toko online, melibatkan individu atau sebuah tim yang disebut eCommerce Visual Merchandising.

Apa Itu eCommerce Visual Merchandising?

Pada dasarnya, visual merchandising adalah sebuah strategi toko dalam menarik perhatian pembeli. Pada toko offline, cara yang digunakan adalah dengan mengkondisikan tampilan produk mereka, suasana toko, tata letak produk, hingga pencahayaan yang menarik dan dapat menonjolkan keunggulan produk mereka.

Dalam toko online, visual merchandising biasanya diterapkan dalam bentuk sebuah desain yang menyesuaikan dengan produk atau tema tertentu dengan tone color tertentu. Secara garis besar, visual merchandising pada toko online merupakan representasi dari sebuah toko. Tujuannya sudah jelas, untuk menarik perhatian konsumen, dengan tampilan atau visualisasi dari produk yang mereka jual. eCommerce di Indonesia sendiri sudah cukup banyak yang menerapkan hal ini.

Pengaruh positif lainnya yang ditimbulkan dari menerapkan strategi ini pada toko online anda adalah, image toko anda akan terlihat profesional dan kredibel. Sehingga konsumen tidak akan ragu untuk membeli sebuah produk dari toko anda.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mulai Menerapkannya?

Berbeda dengan visual merchandising pada sebuah toko offline yang mengandalkan tata letak dan pengaturan suasana toko, pada eCommerce Visual Merchandising anda diminta untuk dapat mengolah desain grafis sehingga dapat terlihat menarik di mata konsumen.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengambil gambar dari produk anda. Jika anda berpikir bahwa anda membutuhkan seorang fotografer profesional, anda benar! Hasil yang bagus membutuhkan skill yang mumpuni juga. Namun, beberapa eCommerce di Indonesia sendiri banyak yang memadukan hasil fotografi dengan kemampuan editing dan desain grafis. Setelah memiliki gambar produk yang akan anda pasarkan, saatnya mengatur tampilan toko online anda.

  1. Kondisikan Tampilan Toko Online Agar Lebih Hidup

Hal ini dapat anda lakukan dengan mengambil foto produk yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, tas gunung yang anda jual di foto dengan tema pendakian, sehingga konsumen dapat melihat gambaran dimana tas itu sedang diaplikasikan. Disamping itu, eCommerce di Indonesia biasanya menyertakan foto-foto detail produk agar konsumen mendapat gambaran yang lebih jelas dari produk yang akan mereka beli.

  1. Membuat Tampilan Toko Dengan Tema

Strategi eCommerce Visual Merchandising satu ini biasanya akan mengikuti event apa yang sedang berlangsung atau hari-hari besar yang akan datang. Misalnya, mendekati hari kemerdekaan, toko akan mengusung tema merah putih. Menjelang ramadhan, toko akan mengusung tema hijau dengan ornamen khas ramadhan dan masih banyak lagi.

Pada akhirnya, kenapa visual merchandising sangat diperlukan bahkan pada pengelolaan toko online, hal ini karena dengan visual yang menarik tentu akan menarik banyak konsumen sehingga dapat memperluas pasar dan meningkatkan arus pengunjung pada toko online anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *