Memilih Rangka Baja, Ketahui Kelebihannya

Ada berbagai macam jenis bahan bangunan yang bisa digunakan saat ini. Salah satunya adalah penggunaan  rangka baja ringan jakarta. Bahan ini biasanya digunakan untuk bagian atap sebuah bangunan dan  untuk fondasi pada sebuah bangunan.  Bahan satu ini banyak ditemukan di berbagai macam toko material dengan harga yang murah terjangkau. Bahan ini hadir dengan berbagai macam jenis dan bentuk yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Konstruksi rangka baja terbagi menjadi tiga jenis yaitu konstruksi baja konvensional, konstruksi baja baut, dan konstruksi baja ringan. Ketiganya memang memiliki kekuatan dan ketahanan yang tak perlu diragukan lagi.  Selain  itu, sebagian besar juga mempunyai kualitas yang cukup baik dan menjadi unggul di pasaran saat ini. 

Proses Pembuatan Logam Baja

Biji besi dan scrap akan dipisahkan dari kotorannya yaitu berupa elemen nitrogen, sulfur, silikon, dan yang lainnya. Setelah itu dapat ditambahkan elemen campuran seperti nikel, mangan, kromium, dan vanadium. Perpaduan elemen tambahan ini akan membuat baja yang dihasilkan memiliki kualitas dan ketahanan lebih baik.

Keunggulan Penggunaan Kerangka Baja Pada Bangunan

Dibalik kualitasnya yang bagus, baja ringan jakarta ini juga mempunyai beberapa keunggulan. Memakai rangka baja pada bangunan mempunyai benefit, antara lain, yaitu: 

  • Kuat dan tahan lama

Kekuatan dan ketahanan tinggi pada baja menyebabkan bangunan lebih awet dan tidak mudah retak seperti bangunan beton

  • Menghemat waktu dan biaya

Pemasangan lebih cepat membuat biaya pembangunan yang dikeluarkan lebih minim dan hemat

  • Mudah untuk balik modal

Waktu pembangunan yang cepat membuat bangunan komersial seperti kos, ruko, dan sebagainya, akan lebih cepat beroperasi dan modal kembali lebih cepat

  • Ramah lingkungan

Dibanding dengan rangka kayu, baja ringan jakarta lebih ramah lingkungan karena stok mudah ditemukan tanpa harus menebang pohon terlebih dahulu

Setelah mengetahui nilai plus rangka baja, maka tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya pada konstruksi bangunan milik Anda. Tentunya memilih baja akan lebih menguntungkan dibanding menggunakan kayu dan juga beton, dengan catatan menyiapkan perawatan kerangka baja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *