Mudah! Begina Cara Pemasangan Atap Metal Pasir

Memasang atap bangunan memang bukanlah hal yang mudah, terdapat beberapa indikator yang harus diperhatikan. Salah satunya mengetahui jarang reng atap. Begitu Pula dengan memasang atap metal pasir, dibutuhkan perhitungan dan ketelitian yang baik agar genteng tidak mudah lepas saat tertiup angin. Berikut ini hal yang perlu diketahui.

Menentukan Jarak Reng

Reng adalah kayu melintang yang berfungsi menahan dan mengaitkan atap. Dengan adanya kayu reng tersebut maka proses pemasangan genteng akan lebih mudah dan rapi. Saat memasang atap, anda harus mempertimbangkan jarang reng. Jarak ini ditentukan berdasarkan jenis atap yang digunakan serta memperhitungkan tingkat kemiringannya serta seberapa tinggi atap bangunan.

Untuk jarak reng atap metal pasir dengan kemiringan 15 hingga 30 derajat, standar jarak yang digunakan kurang lebih sebesar 600mm. Namun, anda tetap harus melakukan perhitungan yang lebih tepat. Sebaiknya gunakan jasa yang berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan fatal.

Cara Pemasangan

Untuk memasang atap metal pasir terdapat beberapa langkah penting yang harus dilakukan agar atap terinstal dengan kokoh :

  1. Siapkan alat berupa pemotong rangka, baut dan juga bor. Sebelum mulai tentukan ukuran atap yang diinginkan serta ketahui maksimal beban yang dapat ditahan atap.
  2. Hitunglah jarak reng atap dengan memperhatikan luasan, ketinggian atap, tingkat kemiringan hingga jarak setiap sisi bangunan. 
  3. Setelah mengetahui jarak reng, langkah yang harus dilakukan adalah membuat gambar kerangka atap sesuai dengan kebutuhan bangunan. Tentukan panjang rangka atap sebelum proses pemasangan dilakukan.
  4. Apabila gambar atau desain kerangka sudah selesai, anda bisa mulai memotong rangka sesuai dengan ukuran yang ditentukan serta pola yang telah dibuat. Perlu diperhatikan bahwa setiap rangka yang menopang atap harus sesuai dengan beban yang akan ditopang sehingga tidak roboh di kemudian hari.
  5. Setelah proses pemotongan rangka selesai, proses selanjutnya adalah pemasangan atap metal pasir. Satukan setiap potongan reng menggunakan baut. 
  6. Susunlah dengan rapi dari susunan terbawah sebagai penopang kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan setiap potongan menggunakan baut hingga selesai.

Mengingat pemasangan atap metal pasir merupakan proses yang memerlukan keterampilan, sebaiknya gunakanlah jasa yang profesional dengan tenaga ahli berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *