Berbagai Tantangan dalam E-commerce Management

Ada cukup banyak tantangan yang harus dihadapi dalam melakukan ecommerce management. Mengingat industri ecommerce ini termasuk industri yang baru, dan ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan. Adapun aneka tantangan yang dimaksud antara lain :

  1. Tantangan dalam  hal definisi

Adapun tantangan pertama untuk ecommerce management ini sendiri adalah definisi yang jelas. Dalam hal ini apakah pihak pendiri perusahaan atau pemilik bisnis sendiri akan otomatis jadi manager e-commerce atau tidak.

Mengingat seorang manajer e-commerce sendiri harus yang mempunyai pengalaman dalam hal pemasaran, pengiriman atau bahkan sistem IT yang berhubungan dengan ecommerce itu sendiri.

Solusi untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan mempekerjakan seseorang yang memang mempunyai pengalaman dalam hal-hal tersebut, atau Anda dapat mempelajari hal-hal tersebut secara pelan-pelan.

  1. Berawal dari nol

Umumnya bisnis Ecommerce ini berasal dari 1 orang, yang mempunyai sebuah laptop dan juga ide bisnis atau usaha. Dimana dalam hal ini, orang tersebut, tidak mempunyai pengalaman sama sekali tentang teknik pemasaran, teknik pengiriman, atau bahkan hal-hal lain yang berhubungan dengan sistem IT.

Adapun solusi untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan membuat sebuah manajemen ecommerce dari nol. Dimana dalam hal ini Anda dapat merekrut seseorang yang memang mengenal dan ahli dalam bidang tersebut, atau menggunakan platform atau aplikasi yang akan membantu Anda dalam membantu sistem manajemen dengan lebih baik. Walaupun mulai dari nol, namun jika dipelajari dan dijalani dengan baik, bukan tidak mungkin kedepannya akan sukses.

  1. Personalisasi para pelanggan

Adapun tantangan dalam manajemen e-commerce berikutnya adalah melakukan personalisasi para pelanggan itu sendiri. Apabila Anda salah dalam menargetkan pelanggan, bukan tidak mungkin sistem penjualan jadi kacau, dan prospek penjualan berkurang, dan akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan itu sendiri.

Adapun solusi untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi atau software tertentu yang akan membantu Anda dalam melakukan personalisasi pelanggan secara tepat, berdasarkan sistem algoritma tertentu.

Aneka tantangan tersebut memang dinilai wajar, namun dengan menggunakan ecommerce management yang tepat, dan para pelaku bisnis yang mau belajar tentang bisnis ini dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis ecommerce yang dijalankan, nantinya akan berjalan dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *