Memanfaatkan Conversational Commerce untuk Keuntungan Bisnis

Conversational commerce merupakan system bisnis yang saat ini sudah digunakan oleh para pemilik bisnis di seluruh dunia tak terkecuali juga di seluruh Indonesia. Apabila beberapa pemilik bisnis online menggunakan cara ini, maka pengalaman berbelanja bahkan melakukan transaksi secara online pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Apalagi saat ini sebagian besar masyarakat memutuskan untuk berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah dan menguntungkan. 

Penggunaan Conversational Commerce di Dunia Bisnis 

Sebuah cara yang saat ini digunakan oleh sejumlah pebisnis online untuk memudahkan transaksi dan pesanan yang akan dilakukan bisa dengan memberikan layanan berupa live chat. Layanan ini sendiri adalah layanan yang akan membantu untuk mendorong adanya penjualan secara online. Sebab, layanan ini akan memudahkan interaksi yang akan dilakukan bagi pemilik toko dengan pelanggan atau para calon konsumen yang akan membeli produk di toko yang Anda miliki. 

Apa Itu Conversational Commerce dan Fungsinya?

Conversational commerce sendiri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah transaksi di dalam bisnis online. Metode ini dilakukan dengan sebuah percakapan melalui chat baik chat bot, customer service sampai dengan artificial intelligence yang mampu menciptakan sebuah pengalaman berbelanja bagi para konsumen. Metode atau cara ini juga tidak akan dibatasi pada satu platform saja melainkan beberapa channel baru yang bisa diakses dan digunakan dengan cara ini. 

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh beberapa pihak yang akan menggunakan layanan ini pada sumber bisnis yang akan mereka jalankan. Untuk beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari metode ini diantaranya sebagai berikut ini:

  • Bisa membantu hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Apabila sejumlah brand yang ditanyakan direspon dengan baik oleh pelanggan, maka para pelanggan pun bisa mendapatkan sebuah pengalaman berbelanja yang sangat menyenangkan. 
  • Dianggap lebih menghemat waktu. Meskipun pada umumnya live chat ini akan menggunakan chat bot, namun para pelanggan akan tetap merasa puas apabila chat yang mereka tanyakan ini bisa direspon dengan cepat oleh toko tersebut. 
  • Dengan layanan ini, maka banyak orang yang juga terbantu untuk bisa menawarkan produk yang spesifik kepada para pelanggannya. Sebagai contoh banyak pelanggan yang akan menanyakan ketersediaan produk, warna apa saja yang ada, ukuran apa saja dan lain sebagainya. 
  • Layanan ini juga akan memudahkan banyak pelanggan untuk bisa cepat dalam mengambil kesimpulan apakah akan lanjut membelinya, tidak jadi membeli atau bahkan sampai repeat order atau membeli lagi karena puas terhadap pelayanan yang sebelumnya sudah pernah diberikan. 

Sehingga, ketika kepuasan pelanggannya tercapai, maka tingkat penjualan pun akan lebih meningkat. Penjualan yang semakin meningkat maka juga akan membantu untuk meningkatkan laba atau keuntungan dari perusahaan yang akan Anda dapatkan nantinya. Metode conversational commerce akan memungkinkan adanya sebuah percakapan secara langsung atau percakapan dua arah baik pemilik bisnis dengan calon pembeli nantinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *