Kelebihan dan Kekurangan Memasukkan Anak ke Sekolah Kristen

Memasukkan anak ke sekolah swasta terkadang masih menjadi pilihan yang membingungkan bagi para orang tua. Namun jika memang ada kesempatan, tidak ada salahnya memilih sekolah swasta terutama jika Anda ingin anak Anda bersekolah dengan basis agama.

Memasukan anak ke sekolah dengan basis agama seperti sekolah Kristen maupun sekolah Islam sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kali ini kita akan bahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari  memasukkan anak ke sekolah Kristen untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang sekolah bagi anak Anda. Pertama-tama, Kita akan membahas kelebihan dari manfaat masuk sekolah kristen

  • Memberikan Pendidikan Agama Kristen yang Sesuai

Tidak bisa dipungkiri kalau pendidikan agama sangatlah penting untuk manusia terutama anak-anak yang masih membutuhkan pengarahan dari orang dewasa dalam menjalani hidupnya.  Dengan memasukkannya ke sekolah khusus agama Kristen, Anak Anda bisa mendapatkan pengenalan dan pendidikan agama yang tepat dari orang yang telah menjadi ahlinya supaya menjadi bekal untuk hidupnya kelak.

  • Memiliki Sistem Pengajaran yang Bagus

Dibandingkan dengan sekolah lain, manfaat masuk sekolah Kristen dinilai memiliki sistem pengajaran yang jauh lebih bagus. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata murid dari sekolah Kristen yang cenderung lebih tinggi dari murid sekolah lain.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda yang tentunya ingin anak Anda bersekolah di tempat yang memiliki sistem pengajaran yang baik. 

  • Menerapkan Disiplin yang Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum kalau sekolah Kristen menerapkan disiplin yang tinggi. Hal ini dapat membantu anak Anda untuk belajar disiplin di sekolah dan diharapkan dapat menerapkannya dimanapun ia berada.

  • Memiliki Banyak Prestasi di Luar Akademik

Selain menerapkan pendidikan agama, manfaat masuk sekolah Kristen juga dikenal cukup banyak menghasilkan prestasi di luar akademik seperti olah raga dan seni.

Hal ini akan membantu anak Anda untuk mengenali bakat dan minatnya serta memberikan kesempatan untuk mengembangkannya.

Walaupun memasukkan anak ke sekolah Kristen dapat memberikan berbagai keuntungan, bukan berarti tidak ada kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  • Biaya yang Tinggi

Sekolah Kristen, seperti sekolah swasta yang lain, umumnya memiliki biaya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah negeri. Hal ini bisa dimengerti mengingat sekolah berusaha menyediakan tenaga pengajar serta fasilitas terbaik untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajarnya. Namun di satu sisi, hal ini tentu membatasi murid yang bisa masuk ke sekolah tersebut.

  • Pergaulan yang Terbatas

Sekolah swasta, terutama yang memiliki basis agama biasanya akan berisi murid dengan kesamaan yang spesifik seperti agama yang sama dan status ekonomi yang tidak jauh berbeda. Jika tidak diberi pengertian yang benar, murid bisa saja canggung dalam menghadapi dunia luar yang tentunya memiliki lebih banyak keberagaman.

Itulah kelebihan serta kekurangan memasukkan anak ke sekolah Kristen, sebenarnya setiap sekolah baik itu swasta maupun negeri, sekolah khusus agama maupun bukan akan selalu membawa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal yang paling penting adalah berusaha beradaptasi dengan situasi dan mengambil nilai baik yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *