Istilah Yang Perlu Kita Pahami Sebelum Mencari Maklon Body Serum

Maklon body serum merupakan jasa yang memproduksi atau membuat serum untuk kecantikan. Biasanya bisa kita order jasa tersebut di pabrik-pabrik maklon. Apabila kita akan menggunakan jasa maklon untuk produk body serum yang kita rancang, maka sebelumnya kita harus mengetahui dulu istilah- istilah maklon berikut: 

  1. MOQ (minimum order Quantity) 

Marketing dari sebuah maklon akan memberikan informasi seputar MOQ yang pertama kali harus kita keluarkan. Contoh : MOQ sebuah pabrik maklon untuk produk body serum pada saat order pertama sebanyak 2000pcs.

  1. CPKB ( Cara Pembuatan Kosmetika Yang Baik )

Seluruh kegiatan pembuatan produk body serum yang bertujuan untuk menjamin agar produk yang dihasilkan memenuhi syarat mutu yang bagus.

  1. PDR (Produk Development Request)

Istilah ini berisi request request dari kita kepada maklon untuk produk body serum, misalkan request bahan aktif, request tekstur, request warna semua akan tertera pada form tersebut

  1. FSR (Free Sample Request) 

Proses dari FSR ini biasanya lebih cepat dari pada mengerjakan PDR, karena FSR ini menggunakan base base yang sudah pernah dibuat.

  1. Form Approve Sample 

Ketika sample sudah kita approve, maklon akan mengeluarkan approve sample, marketing akan menanyakan kepada kita dari mulai bahan kemas yang akan digunakan untuk body serum, lalu penamaan body serum untuk dilakukan pendaftaran ke BPOM, dsb. Biasanya maklon akan meminta 20pcs packaging untuk stabilitas tes sebelum kita naik BPOM, ini digunakan agar bisa dilihat apakah body serum dan packagingnya sudah sesuai atau belum. Atau apakah packaging yang sudah kita pilih di awal malah tidak cocok dengan produk body serum atau bisa menimbulkan efek oksidasi yang berlebihan. 

  1. Bahan Kemas 

Biasanya akan ditanya tentang bahan kemas primer dan bahan kemas sekunder 

Bahan kemas primer adalah  packaging pertama untuk produk body serum.

Bahan kemas sekunder adalah bahan kemas yang digunakan setelah bahan kemas pertama. Contoh : kita akan minta tambahan dus, plastik segel , hologram

  1. PO dan SO (purchase order dan sales order)

PO dan SO saling berkaitan, Pabrik maklon akan menerima PO dari customer . lalu pabrik maklon akan mengeluarkan SO untuk memproduksi produk body serum. 

Maklon body serum siap mewujudkan keinginan bisnis kecantikan kita dengan proses yang baik dan aman, serta sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *